Tips Memilih Odol Gigi Berlubang yang Perlu Anda Ketahui

Odol gigi berlubang adalah salah satu kebutuhan wajib untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Namun, dari banyaknya produk yang ada, tidak sedikit orang yang bingung untuk memilih odol yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya.

Pasalnya, tiap jenis mempunyai formula khusus untuk mengatasi masalah gigi tertentu.  Nah, bagi Anda yang mempunyai masalah gigi berlubang, maka harus memilih odol yang mengandung fluoride, dan bahan-bahan lain yang sifatnya melindungi gigi dari kerusakan.

Bagaimana Tips Memilih Odol Gigi Berlubang?

Mencegah gigi berlubang bisa dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari sesudah makan pagi dan sebelum tidur malam dengan menggunakan odol yang tepat. Untuk mencegah membantu Anda  dalam memilih odol gigi yang tepat sesuai kondisi gigi, berikut ini beberapa tips memilih odol gigi berlubang yang perlu Anda ketahui:

Perhatikan Kandungan Fluoride pada Odol Gigi

Tips pertama supaya kesehatan mulut bisa terjaga dengan baik, maka pilih odol gigi yang dibuat menggunakan bahan-bahan aktif yang bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Salah satu bahan aktif yang penting untuk mencegah gigi berlubang yaitu fluoride.

Fluoride terbukti ampuh dan dinyatakan aman oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta para dokter gigi di seluruh dunia untuk mencegah gigi berlubang serta bisa melindungi dan memperkuat lapisan enamel gigi melalui proses remineralisasi. Proses remineralisasi merupakan proses pengembalian mineral gigi yang hilang karena asam yang berasal dari bakteri dan makanan atau minuman manis.

Memeriksa Kandungan Bahan Aktif

Hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih odol gigi berlubang adalah memeriksa bahan aktif lain yang ada didalamnya seperti berikut ini:

Senyawa ini mempunyai fungsi untuk membantu melepaskan sisa-sisa makanan, bakteri serta noda yang menempel di permukaan gigi. Bahan aktif yang sering digunakan sebagai agen abrasif pada odol adalah gel silika dehidrasi, magnesium, aluminium oksida terhidrasi, karbonat, garam fosfat, dan silikat.

Bahan aktif ini berperan menjaga tekstur odol supaya tetap lembap saat terkena suhu ruang. Untuk bahan yang terkandung dalam humektan yaitu gliserol, propilen, sorbitol, dan glikol.

Bahan aktif yang masuk dalam pengental yaitu mineral colloids. Bahan-bahan ini bisa dicampurkan dalam odol gigi dan memberikan tekstur unik.

Bahan aktif ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan busa saat Anda menggosok gigi. Busa ini berperan dalam merontokkan plak dan sisa makanan yang menempel. Contohnya deterjen yang sering digunakan adalah natrium lauril silfat dan natrium lauril sarkosinat.

Jangan Menggunakan Odol Gigi dengan Kandungan Zat Iritan

Saat memilih odol gigi untuk gigi berlubang, maka harus mengetahui bahwa ada sejumlah bahan aktif yang termasuk sebagai zat iritan atau alergen yang sebaiknya tidak digunakan, diantaranya sebagai berikut:

  • Asam sitrat
  • Natrium lauril sulfat
  • Propilen, glikol
  • PEG-8, PEG-1450, PEG-12
  • Cocamidopropyl betaine
  • Parabens
  • Pirofosfat
  • Triclosan

Untuk mencegah gigi berlubang, maka Anda bisa menggunakan produk Pepsodent Tooth Paste Pencegah Gigi Berlubang. Odol gigi ini bekerja dengan melawan kuman atau bakteri penyebab gigi berlubang dan memberikan perlindungan maksimal.

Menariknya, produk ini diformulasikan dengan mikro kalsium aktif dan pro-fluoride kompleks yang bisa memberikan perlindungan gigi di siang dan malam hari.  Di pagi hari, odol ini akan mencegah gigi berlubang dengan cara menghalangi aksi kuman dari sisa makanan juga minuman. Di malam harinya bekerja mendeteksi serta memperbaiki lubang kecil yang timbul.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *