Terkini Bisnis: Aturan Baru Naik Pesawat, Tokopedia Kembalikan Uang Pelanggan

TEMPO.CO, Jakarta -Berita terkini ekonomi dan bisnis sepanjang Rabu pagi hingga siang, 11 Agustus 2021 dimulai dengan aturan baru naik pesawat usai pemerintah memperpanjang kembali PPKM level 4. Semua aturan sudah seragam untuk seluruh daerah.

Kemudian tips sukses dari pendiri Sambel Layah corp Indra Wawan Mai Anggoro dalam menjalankan bisnis kuliner, termasuk ketika pandemi Covid-19. Selain itu berita tentang pengembalian secara penuh, dana milik pelanggan Tokopedia atas dugaan penipuan pembelian Ipad.

Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

1. Aturan Baru Naik Pesawat: Ada Beda Syarat Penumpang dengan Vaksin Dosis Pertama dan Kedua

Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran Nomor 62 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19 yang mengatur mekanisme penumpang saat naik pesawat. Surat edaran berlaku setelah pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 4 pada 10-16 Agustus 2021.

“(Surat terbit) Menindaklanjuti Instruksi Mendagri Nomor 30,31, dan 32 Tahun 2021 dan SE Satgas Nomor 17 dan 18 tahun 2021,” ujar Adita, Selasa malam, 10 Agustus 2021.

Adapun aturan untuk penumpang kini tidak lagi diatur berdasarkan levelling. Saat ini semua syarat sudah seragam untuk seluruh daerah.

Untuk kedatangan dari luar Jawa dan Bali atau keberangkatan dari Jawa-Bali ke luar Jawa-Bali, penumpang harus melakukan tes swab atau RT-PCR dengan masa berlaku hasil tes 2×24 jam. Sedangkan untuk perjalanan antar kota/kabupaten dalam Jawa-Bali, persyaratan dokumen kesehatan dibedakan untuk orang yang sudah divaksin dosis lengkap dan dosis pertama.

Baca berita selengkapnya di sini.

123 Selanjutnya

2. Pendiri Sambel Layah Corp Beberkan 3 Kunci Sukses Jalankan Bisnis Kuliner

Memulai suatu bisnis bukanlah suatu hal yang mudah. Diperlukan berbagai strategi yang akan menjadi kunci kesuksesan menjalankan suatu bisnis.

Founder Sambel Layah Corp Indra Wawan Mai Anggoro atau yang akrab disapa Wawan memaparkan tiga kunci kesuksesan bisnis kulinernya, yaitu mimpi, keyakinan, dan keinginan untuk terus bergerak.

“Saya punya mimpi yang gede, dimana mimpi ini tidak boleh terlekang oleh waktu, terus harus dimimpikan. Mimpi tersebut untuk diri sendiri dan orang lain pastinya,” kata Wawan.

Menurut Wawan, mimpinya tidak boleh hanya untuk dirinya sendiri, melainkan untuk orang lain juga. Ia selalu mempunyai program untuk orang lain, yaitu bagaimana ia bisa berbagi kepada orang lain.

Pria yang mempunyai branding #CEODOYANMAKAN ini mengatakan, kunci suksesnya yang kedua adalah keyakinan yang besar bahwa mimpinya dapat terwujud. Untuk mewujudkan suatu mimpi, diperlukan keyakinan yang besar akan hal tersebut.

Baca berita selengkapnya di sini.

Sebelumnya 123 Selanjutnya

3. Tokopedia Kembalikan Penuh Uang Pelanggan yang Diduga Tertipu Belanja Ipad

Tokopedia akhirnya mengembalikan penuh uang pelanggannya, Dina Christina, yang tertipu saat berbelanja Ipad. Pengembalian dilakukan setelah dia hanya mendapatkan klaim senilai Rp 1,99 juta dari total pengajuan pengembalian dana sebesar Rp 3,99 juta.

“Jadi kemarin malam (Senin, 9 Agustus) pukul 19.55 WIB Tokopedia menelepon saya dan berkata bahwa uang saya sebesar 1.995.000 sudah kembali di akun Tokopedia saya,” ujar Dina saat dihubungi pada Selasa petang, 10 Agustus 2021.

Pengembalian klaim dalam bentuk saldo Tokopedia kemudian ia transfer ke rekening bank miliknya dan berhasil masuk pada Selasa pagi pukul 07.00 WIB. Dina berterima kasih kepada Tokopedia yang telah memproses keluhannya.

Dina sebelumnya mengalami penipuan saat membeli Ipad 11 inci berkapasitas 256 gigabita di merchant bernama MA senilai Rp 13,99 juta. Transaksi dilakukan menggunakan fitur split payment dengan pembayaran pertama atau invoice 1 sebesar Rp 10 juta lewat aplikasi kredit online. Sedangkan invoice 2 sebesar Rp 3,99 juta dibayar lewat virtual account di salah satu bank.

Baca berita selengkapnya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.