Rahasia Food Plating Supaya Makanan Tersaji Menarik

Food plating atau plating makanan di piring merupakan hal yang umum dilakukan di restoran kelas atas. Melansir dari Nisbets.co.uk, plating meningkatkan penyajian hidangan menambah nilai pada pengalaman bersantap, dan memberikan ruang untuk mark-up yang lebih tinggi pada makanan Anda.

Peserta Master Chef Indonesia session 8, Lord Adi kerap mendapat kritikan juri karena persoalan food plating ini. Apa saja yang perlu diperhatikan saat plating makanan? Berikut tipsnya.

1. Ciptakan ketinggian pada makanan

Daniel England, koki dari OMG Hospitality Group San Diego suka membuat makanannya tinggi saat dia plating makanan. “Penting agar Anda tidak memisahkan makanan yang mencoba mengisi piring, buat dari bawah ke atas,” katanya dilansir dari Lightspeed.hq.

“Jika Anda dapat menggunakan sedikit struktur, Anda selalu dapat membeli cetakan cincin untuk memulai dengan alas. Cukup kemas beberapa makanan dalam cetakan dan angkat perlahan. Sekarang Anda memiliki dasar untuk membangun,” ujarnya.

2. Potong daging secara horizontalApabila makanan yang Anda plating adalah steak, koki ini juga merekomendasikan “mengipasi” atau membuang irisan daging untuk memperlihatkan kualitasnya. “Iris daging Anda dengan kemiringan 45 derajat, dan juga iris berlawanan dengan serat daging untuk potongan yang lebih empuk,” ujar England.

3. Bermain dengan teksturJoyce Tang, chief baking officer di Oakland, California La Chinoserie, menyarankan untuk bermain dengan tekstur, busa, dan saus untuk membuat hidangan terlihat lebih menarik.

4. Menggunakan warna kontrasTang juga menekankan pentingnya bermain dengan warna yang kontras. Ia menghindari warna buatan dan menggunakan matcha, gula bubuk, atau warna alami untuk plating.

5. Gunakanlah piring yang tepatMichael Welch, koki eksekutif di Backyard Kitchen & Tap di Pacific Beach, California, mengatakan sebaiknya menggunakan piring dengan ukuran, warna, dan gaya yang tepat. Warna piring penting karena piring berfungsi sebagai kanvas untuk makanan Anda.

6. Hidangkan makanan dalam porsi kecilUkuran porsi yang lebih kecil disebut oleh National Restaurant Association sebagai salah satu dari lima konsep restoran terpanas untuk tahun 2019. Porsi yang lebih kecil biasanya lebih mudah untuk ditata serta memanjakan mata.

7. Gunakan hiasan dan dekorasiHiasan dan dekorasi makanan atau food plating adalah cara yang bagus untuk menata hidangan Anda, tetapi ada beberapa panduan yang harus Anda ikuti saat menggunakannya. Apapun yang Anda gunakan untuk dekorasi pada makanan Anda, pastikan bahwa hiasan tersebut bisa dimakan. Segala sesuatu yang terdapatdi piring Anda harus diletakkan dengan tujuan meningkatkan rasa hidangan terlebih dahulu, sedangkan tampilannya ditaruh setelahnya.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.