Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 100 dan 101 Kurikulum Merdeka, Aktivitas 3.11

Berikut kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 100 dan 101 Kurikulum Merdeka. Halaman tersebut tercantum dalam Bab 3 yang berjudul Struktur Atom Fakta di Balik Materi. Pada halaman 100 101, siswa diminta untuk mengerjakan soal pada Aktivitas 3.11 Ayo Identifikasi.

Aktivitas 3.11 Ayo Identifikasi Bekerjalah dalam kelompok lalu jelaskan jawaban kalian secara lisan di depan kelas untuk mendapatkan tanggapan dari teman teman! 1. Berdasarkan Gambar 3.24, bagaimana kecenderungan energi ionisasi pertama dalam satu periode dan satu golongan?

Jawaban: Berdasarkan Gambar 3.24 kecenderungan energi ionisasi dalam satu periode adalah semakin besar, sedangkan dalam satu golongan energi ionisasinya semakin kecil. 2. Cermati graik energi ionisasi pertama pada Gambar 3.24 lalu identiikasi: Pelatih Filipina Diancam Dibunuh Jelang vs Timnas Indonesia, Menpora: Diproses Hukum Wartakotalive.com

A. Atom manakah yang memiliki energi ionisasi pertama terbesar dan terkecil? Jawaban: Atom yang memiliki energi ionisasi pertama yang terbesar adalah helium. Atom yang energi ionisasinya terkecil adalah cesium. B. Secara umum, periode berapakah yang memiliki energi ionisasi pertama cenderung besar dan kecil? Mengapa demikian?

Jawaban: Secara umum, periode yang memiliki energi ionisasi yang cenderung besar adalah periode satu, sementara golongan yang memiliki kecenderungan energi ionisasi kecil adalah golongan 1A. Makin ke kanan pada tabel periodik unsur maka jumlah proton semakin besar sehingga gaya tarik elektron valensi terhadap inti atom membesar. Perlu energi besar untuk melepaskan elektron valensi membentuk ion positif.

Artikel ini hanya ditujukan untuk memandu proses belajar anak. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *